Monolog "sujiwo owah" made in doni SOPO


Kejadian terjadi dalam suatu Rumah Sakit jiwa, karakter Sujiwoo adalah merespon penonton. Dan menyetarakan tangis dengan senyuman di pihak yang setara.

Ssstt...... haiho bro... ehem-ehem .... mbak-mbak, mas-mas, heheheheee.... apa kabar?... ada yang tau tidak kuliahku di mana? Hehe.... apa tidak tau? Wo kemplo, masa tidak tau.. apa ? wooo slah kaprah,, hehehe... masa gag tau, la wong saya ini orang terkenal loh, hehehe hiks (jegukan)....
di kampus saya itu populer loh, ha ? namanya hai yam Kampus masa tidak tahu ya mirip pengucapan jepang-jepang gitu...
apa gag tau, gag gaul kamu, makanya gaul seperti aku.. ha? olret olret, tenang-tenang, auuuwoooooooo kukukakak kukakak mak bedunduk howa howa ehaaaaa.... (ekpresi liar) ihik ihik (ketawa sambil ngemut jari) , gag tau kan artinya hayooo hayoo, (mengendap endap, mengageti penonton) ci luk bak?? Kaget,, hahhahaa..... apa ? (kepenonton) (bak pemilihan duta wisata) perkenalkan nama saya Sujiwo Owah, saya penduduk asli kota RuSaji (Rumah Sakit Jiwa), dan motivasi saya memperkenalkan diri adalah (mengageti) pengin eksis, (kiss bye) hahahahahaha
Dulu saya itu adalah seorang artis ternama di kampus saya, setiap aku jalan di kampus pasti semua pandangan menuju ke diriku. Yah.. sambil dada gitu, hush ngawur walah bukan yang ini tau (sambil menunjuk p*ayud*r*) hahahaa.. yang ini tau (dada tangan),yah maklum untuk eksistinsiku terhadap pengagumkku.

(berbisik) Hei..hei.. woy.. woy.. ada yang tau teman saya tidak? Apa tidak tau, masa.. pasti tau hayoooo,, tag gintung tak gintung eexeexx... hah masa tidak tahu. Dia itu wanita berpantat lebar loh, dia manis, putih, semlohay loh... masa gag ada yang kenal, masa tahun gadget seperti ini tidak tahu, (lebay) kuper loe.. gw aja bisa bahasa gaul gitohh,, massa loe loe pada gag bisa,, astofirlloh gitoh . Apa lebay ? hehehe,, iya tau ndak lidahku tu sampe kesleo.. aneh-aneh saja masa tatanan EYD , Ejaan Yang Disempurnakan berubah arti menjadi Ejaan Yang Dilebaykan... masa ngakunya berbahasa satu, bahasa indonesia.. wah Cuma wacana aja itu di sumpah the younger,... hehehehe ya tidak apa-apa, la sayakan gag ikut sumpah,, iya to...!!!!

itu Cuma formalitas ,mungkin yaw? ,, hush ngawur mau saja aku tipu, aku sebagai orang gila agak setengah miring setengah owah menggarisi besar ... bahwa itu semua termasuk tatanan negara yang harus dipatuhi. Meskipun banyak yang ngeyel dan terbiasa.... hehehehe.. kalau sudah kekebiasan sulit untuk di ralat,, heheheheee. By the way, kok omongan saya nggeladrah.. la tadi saya tanya teman saya, ada yang tau tidak? Apa tidak tau? Ya sudah aku kasih tau. Dia bernama Purnamasari, dan saya sering memanggil “hey pilem Purna” hahahaha,, biar gayeng –gayeng gitu, biar ngeh... hehehehe.... tapi jangan ngeres lo! Dia bukan aktris tidur ngangkang, bahkan artis 3gp lo! Dia itu temanku, sahabatku, soulmatku. Si Purna itu orangnya baik hatinya, kadang-kadang cantik, kadang-kadang jelek,.. wah 2 rupa heheheheee.... kaya pelajaran waktu SMP, pelajaran Seni Rupa. Hiks (jegukan).

Purna orangya baik selebar pantatnya, hatinya manis semanis sari pohon tebu, jiwanya seputih kulitnya, dia sopan seperti semlohaynya gerak tubuhnya yang halus. Si Purna adalah gadis baik-baik, tapi miris melihatnya. Kenapa ? ya kasihan saja,, Purna mati sia-sia, hahahahahahahaha (ketawa mengejek)...... hikhikhikhik (nangis) dia mati bunuh diri dikamar mandi, gara-gara dia korban pemerkosaan lelaki bejat yang bernama Si Alex Toyib. Namanya aneh kaya judul lagu ndangdut. Lelaki itu adalah ayah tirinya Purna, dan kasihan lagi si Purna tidak tahu aku Di RuSaJi, eiii.. Purna, padahal aku kangen sama kamu. Dan aku mau minta maaf “kalau aku sekarang sudah gila bahkan hampir mendapat gelar S.Ag bukan Sarjana Agama lo Pur, Sarjana Aku Gila, hakakakakaaa,,,, yuhuuuuuu, hiks hiks (menangis)

Purna aku kangen sama kamu, aku itu sebenarnya cinta sama kamu seperti aku mencintai negaraku Hebat ini, purna… purna… aku sayang kamu… aku sayang kamu.. cinta (nangis)
Oh iya,, Jiwo punya akal,, iya…iya..,,, purna, aku mau buat jalangkung untuk berinteraksi dengan arwahmu, tapi aku takut kalo kamu datang bukan bentuk aslimu, lagian itu musyrik.. dalam agama tidak boleh berbuat musyrik alias menyekutukan tuhan.
tapi purna kamu sudah mati

, apa di sms lewat jalangkung aja ya? Pasti juga tidak dibalas, pusing aku.. aku maw kirim surat burung (sambil garuk-garuk t*t*t), hush pikiranya jangan ngeres lo!! Heheheheee... burung yang kaya di film-film Harry Poter itu.
Tapi sayang, aku pengin nyaate sama teman sekamarku yang gila karena melihat keadaan negara yang semakin hari seperti telenovela, karena dia phobia dengan telenovela. Setiap hari ada tokoh-tokoh Carlota yang muncul seperti film-film telenovela itu. Carlota dengan karakter tokoh pintar memanipulasi manusia dari segi hal percintaan, memanipulasi pikiran & kecerdasan manusia, mengadu domba tokoh satu dengan tokoh lainya. Waw si Carlota multi talent,
oh my god.... kok temenku sampai gila karena phobianya, ya? Aneh..bagaimana kalau aku beri gelar “Pahlawan Pengamat Politik Telenovela” pasti keren yah..... hei, keren tidak? Sip sip ...... hik hik hik (nangis) (teringat oleh purnama)
Purna, aku kagen kamu, aku rindu kamu, maafkan aku sudah jadi gila. Karena aku hanya tidak tega untuk melihat tatanan bumi yang aku pijak sekarang. Purna aku sudah bingung lagi mau kemana, aku bingung stadium 4. Purna, purna bisakah aku dikatakan sebagai “tikus”, hei ngawur bukan tikus, dodol.. tapi “Ke-ri-ti-kus”.
Maem…maemm…Apa, tidak punya. Dasar pelit, aku SUMPAHIN kalian jadi orang Dermawan. Dan semoga sembuh dari penyakit pelitnya. Yah babak ku mulai lagi, Saya kemarin bermimpi aneh bin nyata bin real, aku bertemu dengan Purna. Katanya dia kangen sama aku, tapi.....tapi.... hanya mimpi,,padahal aku ingin ngobrol banyak sama kamu (termenung sambil mengusap air matanya) ,,
Eh ada surat kabar (membaca surat kabar), owah-owah sedikit masih bisa baca koran loh.. oh iya apa kabar dengan negaraku?? Apa pasti sama saja yah.... wo alah jabang masih tetap sama saja. Jan gusti apakah ini kutukan mendasar, duh ... negaraku jadi owah,, hehehe ternyata bukan Sujiwo Owah, ternyata tempatku berdiri sekarang agak owah,, owah pembagianya adilnya, owah nyimut recehan ane rakyat, po rag isin... siapa ? ya itu tikus-tikus berdasi dengan sepatu gilap, katanya laper di dalam lumbung kertas warna merah, ijo, nah nah ituuu.. itu.. ituu... dia ,, sembunyi di kursi empuk. Itu.. itu... pake racun tikus saja? Ah, gag mempan, oh iya pake sms saja,, hehehe apa bisa ya?? Ya jelas bisa la wong saya saya sms satpam KPK,, nyahok loe,,, dasar kau tikus racun , sama cap KPK,, alias KaPok... huakakkakaa...
Purna… kamu dimana purna???

Purna… I lope U.. purn aku ga gila aku gag gila aku gag gila…. Dia, dia, dia yang gila itu pemimpin rakyat yang gila bukan aku… sebenarnya saya gila karena saya malu purr.. malu sama kamuu.. maluu… karena aku korupsi nasionalis… karena aku korupsi pengetahuan… aku korupsi perasaan sama kamu pur..
Pur… aku kangen aku rindu kamu.. aku sayang sama kamu.. kangen kau waktu engkau mengajarkan ku tentang rasa nasionalis… nasionalis terhadap kaum sesama, kaum duafa, kaum cacat, kaum yatim piatu, itulah kau… aku kangen pur…
(termenung sambil memulihkan pikiran biar tenang, perlahan kemudian sedikit tersadar)
Ah sudah jadi ngelantur teruss.. oh iya saudara-saudar Sujiwo Owah mau ke bengkel dulu mau dandani otak biar gag owah, biar jadi Sujiwo Dandan aja,,, hahahaaa... ngelantur saya... ngelantur,,, mau protes tetep sama saja gag ada perubahan.. malah terjajah, lebih baik Owah daripada ngelantur kemana mana saja... dasar fucking shit, hemmm... , jadi orang baik susah... pa lagi jadi orang jahat lebih mudah dan lebih berkembang... sing penting aku Owah,, gag ada yang gagas aku.. biarkan aku baik dengan lingkungan dan biarkan aku jahat dengan diriku sendiri karena aku sedikit owah.. huakakakakakakkaakaa......... hahahaha hhukay,, olret,, sips, jantan, keren, cool,, tetap hore sing penting ayem ketemu suster bahenol... hiyapsss.... weh kok ini jadi ngegring ngegring yahhhhh.... mmmmmm.....
Oh iya saya jangan ditiru yah… dilarang agama… dilarang pancasila… dilarang UUD… dilarang orang tua… dilarang tetangga… dilarang tuhan… dilarang kerabat… dilarang pacar…
Hanya orang bodoh seperti saya,, saya tidak tahan dengan keadaan di depan mata saya, buatlah janji dengan saya, buatlah perubahan demi kemajuan. Apapun itu, apapun caranya…
Jangan seperti saya, janji yah… janji… hehehe… janji…
“karena saya gila, dan tidak tahan biarkan saya pergi yah… pergi… saya pergi lo.. pergi ya mas-mas mbak-mbak… aku pergi ya…. Aku pergi lo.. aku pergi lohh… dan juuuaaannji jangan ikuti jejak saya lo…”
Tapi saya terlalu cinta, terlalu sayang dengannya, dan jangan seperti saya. Saya terlalu cinta dengan Purna, hanya dialah yang tahu aku … tahu Negara ini… dan aku rindu… tunggu aku ya purnaa… I lope U… hihihihihihi cakakakkaaak ahakakakakkak kakkakkaka

(tertawa hebat dan lampu perlahan mati)
(tiba-tiba suara pisau terjatuh, lampu tiba-tiba menyala , dan alunan lagu sedih mengiringi, kepergian Jiwo, dengan leher berdarah dengan pisau di tangannya. Jiwo tergeletak tak bernyawa sambil memeluk papan

DON’t TRY THIS HOME


The end

0 komentar:

Copyright © 2008 - Teater Sopo - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template