Teater Sopo 4 Festamasio

Tujuh belas tahun bukanlah sebuah rentang yang singkat. Memasuki usia ini adalah sama artinya dengan menemu sebuah fase pendewasaan. Di mana subyek yang bersangkutan diharapkan akan lebih bijaksana dalam menyikapi detak-detak alur kehidupan. Pun demikian juga halnya dengan Teater Sopo. Seiring perjalanan waktu, Teater Sopo telah menggoreskan banyak jejak dan tak pernah berhenti mencoba hal-hal baru dalam alur kehidupannya. Dan bersamaan dengan proses kehidupan yang menuntut pembuktian eksistensi diri, Teater Sopo terus berusaha berjuang untuk selalu mencipta dan menggoreskan kata 'ada'.

Festival Teater Mahasiswa Nasional (Festamasio) adalah kegiatan temu karya dan silaturahmi kelompok teater kampus seluruh Indonesia, yang digelar sebagai wujud eksistensi dan kontribusi teater kampus dalam perkembangan seni teater di Indonesia. Kegiatan yang diadakan setiap dua tahun sekali ini pertama kalinya diselenggarakan pada 2001 di Samarinda, Kalimantan Timur. Kemudian selanjutnya, Festamasio II diadakan di Makassar, Sulawesi Selatan. Sementara Festamasio III digelar pada tahun 2005 di Yogyakarta. Dalam gelaran yang difasilitasi oleh Teater Gadjah Mada UGM tersebut, Teater Sopo berhasil meraih penghargaan MANAGEMEN PRODUKSI TERBAIK. Hal ini menjadi semacam lecutan dan alarm pengingat bagi Teater Sopo, untuk selalu meningkatkan kualitas dalam karya-karya selanjutnya.

Dan kali ini, setelah melalui tahap seleksi dari 42 calon peserta Festamasio IV, Teater Sopo berhasil lolos tahap kuratorial yang terdiri dari kurasi video dokumentasi dan naskah pementasan. Hal tersebut berarti Teater Sopo berhak mengikuti serangkaian kegiatan Festamasio IV di Jakarta pada tanggal 27 Februari - 6 Maret 2009 mendatang.

Naskah yang akan diangkat dalam festival tersebut adalah Anak Angin. Naskah ini sendiri adalah sebuah karya dari anggota Teater Sopo, Hendro Prabowo. Sebelumnya naskah ini pernah dipentaskan dalam rangka Pentas Produksi XV Teater SOPO dengan judul Anak Angin Sang Duta di Teater Arena TBJT Surakarta (5 September 2007), Sragen (7 September 2007), dan Salatiga (9 September 2007). Sementara naskah Anak Angin yang rencananya dipentaskan di ajang Festamasio IV mendatang, sebelumnya telah dipentaskan di Teater Arena TBJT pada 25 November 2007 dalam gelaran Panggung Seni Seribu Bunga.

Mengapa Anak Angin? Mungkin pertanyaan ini yang akan singgah di dalam benak. Pada hakekatnya pemilihan naskah pementasan ini bukanlah sebuah tindakan asal-asalan. Anak Angin merupakan adaptasi penafsiran dari kisah pewayangan Ramayana, Anoman Duta. Alur, nama tokoh, serta setting lokasi dalam cerita ini hampir sama dengan kisah yang terceritakan dalam Anoman Duta. Hanya saja dalam penafsirannya, Anak Angin menganut konteks kekinian. Di mana isu lingkungan hidup dan tema humanisme dimasukkan sebagai tema sentral cerita. Hal ini sejalan dengan perkembangan jaman saat ini, yang menuntut pentingnya pemberdayaan sifat-sifat kemanusiaan dan tanggungjawab kita sebagai manusia. Hal inilah yang menjadi kunci penggarapan Anak Angin dalam Festamasio IV mendatang.

Proses Anak Angin kali ini disutradarai oleh Yonek d'Nugroho, yang sebelumnya juga menyutradarai pementasan Anak Angin Sang Duta. Sementara para aktor yang terlibat di dalamnya adalah Rudyaso Febriadhi (Anoman), Wahyono (Saksadewa), Putra Lawu Perdana (Indrajit), Noviana Rahmawati (Emban Limbuk), Alief Pandu Wirawan (Rama Wijaya), Yohana Wahyu Purbasari (Trijata), dan Wury Febrianingrum Suyono (Dewi Sinta). Sedangkan di belakang panggung ada Destina Nur Rakhimawati yang bertindak sebagai Pimpinan Produksi, Anggo Anurogo (Stage Manager), Noer Apriyana (Penata Rias & Kostum), R. Agustinus Rudy Indra Gunawan (Penata Musik), Sangaji Surahmat (Penata Set & Property), Reny Kistiyanti (Penata Lampu), Listyo Budi Santoso (Penata Adegan Laga), dan Sari Wuryani (Divisi Umum)*.


*Donasi untuk Teater Sopo 4 Festamasio bisa dikirim melalui:
Rekening BCA No. 0094741293 (KCU SEMARANG)
a/n. SETYO ANDI SAPUTRO
Informasi lebih lanjut hubungi Andik di kiri_society@yahoo.co.id

0 komentar:

Copyright © 2008 - Teater Sopo - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template