Pelantikan Pengurus Teater SOPO Periode 2012-2013

Kamis, 5 April 2012, bertempat di sebuah ruangan yang mempunyai banyak kenangan bagi kami yaitu Ruang 14 (dulu disebut dengan Ruang 7), adalah sebuah hari yang "baru" bagi Teater SOPO. Karena pada hari itu, roda-roda penggerak Teater SOPO dilantik. Hari itu sebuah kepengurusan baru berjejer untuk dilantik dan membacakan sumpah untuk bekerja secara optimal, bekerja secara ikhlas dan sadar demi membangun Teater SOPO dan mengayomi anggota-anggota yang ada. Bisa dibilang kami sedang mengalami "masa-masa abu-abu" dan diharapkan dari pelantikan pengurus yang baru ini Teater SOPO lebih bisa mempunyai fighting spirit.

Acara yang berlangsung dengan sederhana ini dihadiri oleh anggota SOPO. Walaupun cuma beberapa anggota saja yang hadir tapi acara malam itu berlangsung secara khidmat. Acara dimulai dengan berdoa bersama-sama, semua doa pada malam itu semoga mendoakan agar kepengurusan yang baru bisa solid dan lebih mempunyai daya tarung yang kuat, dan juga semoga ada doa yang mendoakan Teater SOPO bisa terus hidup sepanjang zaman masih ada. Lalu acara selanjutnya, sebuah acara yang dramatis nan krusial yaitu pelantikan pengurus baru. Pelantikan kali itu dipimpin oleh Mbak Nopek dan Mas Awan selaku yang dituakan. Pelantikan dengan mengucapkan sumpah di bawah AD/ART adalah sebuah momen yang sangat-sangat dramatis karena sebagai pengurus adalah tugas dan kewajiban yang harus ditepati, dan itu didengar dan disaksikan oleh anggota dan Sang Maha Kuasa. Sumpah atau janji itu berat tapi jika kita melakukan dengan iklhas, tanpa paksaan, senang dan secara bersama-sama maka sumpah atau janji tersebut akan terjalankan secara maksimal.

Nasi tumpeng sebagai perlambang berkah yang melimpah, menjadi sebuah media untuk melanjutkan kepemimpinan yang, semoga, diberkahi oleh Sang Maha Kuasa. Tumpeng dipotong oleh Mas Awan selaku perwakilan kepengurusan sebelumnya yang diserahkan kepada Nila sebagai Ketua Teater SOPO periode 2012/2013. Dengan diserahkannya tumpeng ini dari kepengurusan lama ke kepengurusan baru semoga semangat mengampu dan menjadi motor bagi Teater SOPO akan terus bergerak dan bergerak, dan apa-apa yang telah dialami oleh kepengurusan lama adalah pembelajaran bagi kepengurusan yang baru. Sesuatu yang baik agar dilanjutkan dan dikembangkan, dan sesuatu yang jelek dan tidak bermanfaat agar ditinggalkan mulai sejak awal kepengurusan ini berjalan.
Nila kemudian memberikan tumpeng tersebut kepada Wawan selaku Wakil Ketua Teater SOPO periode 2012/2013, dengan pemberian tumpeng ini diharapkan agar kerja tim dari pengurus Teater SOPO periode 2012/2013 bisa bekerja secara maksimal. Dan mampu bekerja sebagai tim dengan meminimalisir konflik yang ada.

Banyak yang memberi nasihat dan masukan kepada pengurus baru. Nasihat dan masukan tersebut sangat-sangat bermanfaat bagi kepengurusan ke depannya. Berpikir cepat dan responsif sangat dibutuhkan. Dan bagaimana me-manage konflik itu sendiri, karena konflik atau perbedaan pendapat dalam suatu organisasi itu adalah suatu hal yang wajar. Menjadi pengurus itu juga harus bertanya ketika ada suatu hal yang tidak diketahui, sehingga semua masalah bisa diselesaikan secara baik dan benar. Menjadi pengurus juga menuntut kita untuk menjadi kreatif dalam berpikir dan bertindak. Pakem-pakem lama bolehlah dipakai tapi jika ada suatu bentuk pemikiran baru, mengapa tidak? Toh mencoba tidak ada salahnya, bukan? Asalkan terkonsep secara matang. Dan pengurus juga mendapat sebuah nasihat dari seorang alumni, agar tidak lupa kepada "rumahnya". Tempat di mana ia belajar tentang proses hidup tidak boleh dilupakan. Bolehlah kita melihat keluar jendela "rumah" asalkan kondisi "rumah" tetap terjaga. Karena Teater SOPO adalah sebuah tempat bermain yang tidak boleh dimain-mainkan.

Acara malam itu pun ditutup dengan makan nasi tumpeng. Dan pantas bebahagialah kita karena kita masih bisa membuat lingkaran. Dan lingkaran tersebut akan tetap hidup jika kita bersama-sama menjaganya. Supaya lingkaran tersebut semakin membesar.

Kami mohon doa restu supaya kepengurusan baru ini bisa berjalan sebagaimana mestinya tanpa ada suatu halangan apapun.

VIVA SOPO!
SALAM BUDAYA!


Susunan Pengurus Periode 2012-2013:
Ketua : Nila Ardiana
Wakil Ketua+Sie Latihan: Herawan Wahyu Pratama
Sekretaris: Chika Aprilia
Bendahara: Budi Winawan
Sie Anggota: Asaddudin Azka dan Gadis Bintang R.R
Sie Rutang: Hendro Wicaksono
Sie Musik: Reza Kurnia Darmawan dan Riefai Putratama
Sie Humas: Femmy Queen dan Dikha Ramdani

Foto acara ini bisa dilihat di sini

2 komentar:

Teater Orok mengatakan...

Salam Budaya,

Selamat atas pelantikan pengurus Teater SOPO Periode 2012-2013, semoga amanat yang diberikan kepada kepengurusan yang baru bisa di jalankan...
Amien...

Oia, bisa minta CP dan alamat sekretariat dari Teater SOPO, karena kami ingin mengundang partisipasi Teater SOPO dalam acara PPA 5 Teater Orok Universitas Udayana.

Terima kasih.

Teater SOPO mengatakan...

Terimakasih, teman-teman Teater Orok..

Untuk CP bisa menghubungi Sie Humas kami di: 085715978559 atau 085729302006. Untuk alamat sekretariat kami:
Gedung 2 Lantai 3 FISIP UNS
Jl. Ir. Sutami 36 A Kentingan Solo
FB: facebook.com/teaterSOPO
Twitter: @teatersopo
Email: teater.sopo@yahoo.com

*mohon maaf baru bales comment dari teman-teman, hehehe

Copyright © 2008 - Teater Sopo - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template